Jumat, 26 Februari 2016

Download Ebook Tazkiyatun Nafs




Intisari dari Kitab Ihya’ Ulumudin
Mensucikan Jiwa




Download Gratis: Ebook Tazkiyatun Nafs (Menyucikan Jiwa) Karya Said Hawwa

Download 
atau 
 
Ebook ini merupakan intisari dari Kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghazali yang di seleksi dan di tulis ulang oleh Sa’id Hawwa.

Tazkiyatun Nafs berasal dari Bahasa Arab yang terdiri dari dua kata tazkyat dan nafs. Secara kebahasaan (etimologi) tazkiyat berarti menyucikan, menguatkan dan mengembangkan. Sedangkan Nafs adalah diri atau jiwa seseorang. Dengan demikian istilah tazkiyatun nafsi memiliki makna mensucikan, menguatkan dan mengembangkan jiwa sesuai dengan potensi dasarnya (fitrah) takni potensi iman, islam, dan ihsan kepada Allah. Ada beberapa bentuk dari an nafs atau jiwa yaitu di antaranya nafs amarah, nafs mulhammah, nafs lawwamah, nafs muthmainnah, yang dari masing masing nafs itu berbeda dari satu dengan yang lain. Metode yang digunakan untuk menyucikan jiwa kita yaitu yang pertama dengan metode mujahadat atau yang disebut dengan berusaha keras, atau penuh kesungguhan hati dan perilaku dengan penuh ketekunan. metode yang kedua yaitu dengan riyadhat atau yang disebut dengan pembebanan diri dengan melatih suatu erbuatan yang pada fase awal yang merupakan beban yang sangat berat dan pada fase akhir menjadi sebuah karakter atau kebiasaan yang tentunya baik. (copas dari sumber :http://edisuprayitno32.blogspot.co.id/2011/12/tazkiyatun-nafs.html)

Jiwa manusia sering menerima serangan dari berbagai penyakit hati yang mengakibatkan akhlak manusia menjadi buruk atau berperangai tidak baik, tidak sesuai dengan yang Allah perintahkan dan Rasul-Nya contohkan. Bisa jadi orang yang terkena penyakit hati akan menjadi malas beribadah atau eramal soleh,selalu berbuat maksiat, atau selalu menuruti keinginan dari hawa nafsunya yang sebenarnya akan menjerumuskannya kedalam api neraka yang menyala-nyala.

Oleh karena itu, menyucikan dan membersihkan jiwa (tazkiyatun nafs) dari berbagai macam penyakit hati merupakan suatu keharusan sebagaimana yang Allah serukan dalam Al-Qur’an, dan itu menjadi salah satu aktifitas yang tak terpisahkan dari kehidupan keseharian orang muslim. Allah SWT sangat menyukai hamba-hamba-Nya yang menyucikan jiwa dan sangat membenci hamba-hamba-Nya yang mengotori jiwa dengan perbuatan maksiat.

Panduan lengkap tentang sarana-sarana penyucian jiwa telah tersaji di sini yang merupakan hasil seleksi dan ditulis ulang oleh Ustadz Sa’id Hawwa atas kitab Ihya Ulumuddin karya Imam al-Ghazali yang sangat termasyhur dikalangan umat islam, dari semula berisi hal-hal yang rumit dan bertele-tele, juga dari hadits-hadits dhaif sehingga sesuai dengan kebutuhan umat saat ini.

demikian semoga bermanfaat
= Wassalam =

tag : ahlusunnah, ebook imam al ghazali, Imam Al-Ghazali, intisari kitab Ihya Ulumudin, kitab tassawuf, menyucikan jiwa, tazkiyatun nafs, 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar